Hasil Kualifikasi Paiala Asia: Timnas Indonesia Taklukkan Kuwait dikandang Sendiri

Hasil Kualifikasi Paiala Asia: Timnas Indonesia Taklukkan Kuwait dikandang Sendiri
Hasil Kualifikasi Paiala Asia: Timnas Indonesia Taklukkan Kuwait dikandang Sendiri

Timnas Indonesia secara mengejutkan menang 2-1 atas Kuwait pada laga pertama Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023 di Stadion Jaber Al Ahmad, Rabu (8/6).

Pada babak pertama Kuwait memang unggul lebih dahulu lewat sundulan Yousef Alsulaiman pada menit ke-41 yang memanfaatkan umpan silang Bader Almotawaa.

Namun, Indonesia akhirnya menyamakan skor pada menit ke-44 lewat penalti Marc Klok. Penalti itu diberikan setelah Rachmat Irianto dijegal kiper Hussain Kankone.

Perubahan pemain dilakukan pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong di babak kedua dengan memainkan Muhammad rafli dan Witan Sulaeman terbukti ampuh

Sukses membobol gawang Kuwait di babak pertama membuat Indonesia tersengat guna menambah skor di babak kedua.

Babak kedua baru berjalan satu menit, yqkni ke-46 Skuad Garuda kembali berhasil membobol gawang yang dikawal Hussain Kankone

Baca Juga:  Resep Sektor Jasa Keuangan Supaya Moncer Menurut PDB RI 2022 5,31%

Berawal dari umpan lambung dari belakang, Rafli menerima bola dan memberikan kepada Rachmat Irianto. Rachmat kemudian mengoper ke Witan yang diselesaikan dengan tembakan kaki kiri namun diblok pertahanan Kuwait.

Bola liar bergerak mendekat ke Rachmat Irianto yang dituntaskan dengan gol di sisi kiri bawah gawang Kuwait. Garida unggul menjadi 2-1 atas Kuwait.

Satu menit berselang Bader Almotawaa langsung memberikan ancaman kepada Indonesia lewat tendangan dari luar kotak penalti namun membentur tiang kanan.

Kuwait bisa mencetak gol pada menit ke-51 melalui tendangan voli Yousef Alsulaiman. Tetapi gol itu dianulir karena Yousef lebih dahulu offside.

Usai unggul Indonesia terus mendapat tekanan dari Kuwait. Salah satu ancaman yang diberikan tuan rumah adalah tendangan bebas Fahed Alansari pada menit ke-66. Namun tendangan Fahed dari luar kotak penalti jauh dari gawang Nadeo.

Baca Juga:  Harga Saham Bukopin (BBKP) Melesat Setelah Henry Sawali Mengumumkan Pembelian 200.000 Lembar Saham.

Nadeo kembali menujukkan kelasnya dengan membuat penyelamatan penting. Ia berhasil menepis tendangan bebas Ahmad Aldhefiri pada menit ke-73.

Pratama Arhan sempat memiliki momentum membawa Indonesia mendapatkan peluang gol pada menit ke-74.

Tetapi pemain Tokyo Verdy itu terlalu lama memegang bola di kotak penalti, sehingga kehilangan Putih kehilangan momentum.

Giliran Witan Sulaeman mendapatkan peluang emas pada menit ke-81. Akan tetapi tendangan kaki kirinya melebar ke sisi kanan.

Indonesia terus ditekan Kuwait lewat seangan dari sisi sayap yang langsung ke kotak penalti. Akan tetapi lini pertahanan Garuda maupun kiper Nadeo bisa mengamankan gawang Indonesia dari kebobolan.

Baca Juga:  OJK: 17 Fintech Pinjaman Memiliki Ekuitas Kurang dari Rp 2,5 Miliar

Ricky Kambuaya dan Dimas Drajat membuang kesempatan emas Indonesia mengunci kemenangan pada menit injury time. Ricky terlalu lama dalam melepaskan tendangan, sedangkan sepakan Dimas melebar ke kanan.

Hingga peluit panjang berakhir, skor 2-1 tidak berubah untuk keunggulan Skuad Garuda.

Susunan Pemain kedua tim:

Indonesia: Nadeo Argawinata; Rizky Ridho, Elkan Baggott, Fachruddin Aryanto; Irfan Jaya, Rachmat Irianto, Ricky Kambuaya, Marc Klok, Pratama Arhan; Irfan Jaya, Stefano Lilipaly, Saddil Ramdani.

Kuwait: Hussain Kankone; Fahad Al Reshidi, Rashed Aldousari, Fahad Alhajeri, Eid Alrashidi, Talal Alfadhel, Fahed Alansari, Omar Alhebaiter, Bader Al Motawaa, Yousef Alsulaiman, Issa Ali.

close