Kalahkan Filipina, Palestina Perlebar Peluang Indonesia Lolos Piala Asia

Kalahkan Filipina, Palestina Perlebar Peluang Indonesia Lolos Piala Asia
Kalahkan Filipina, Palestina Perlebar Peluang Indonesia Lolos Piala Asia

Palestina Hajar Filipina sekaligus membantu timnas Indonesia untuk lolos Piala Asia 2023

Celebrity’s Langkah timnas Indonesia untuk lolos ke putaran final Piala Asia 2023 kian terbuka lebar. Hal itu karena pesaing di grup B yakni Filipina takluk dari Palestina.

Palestina secara superior mampu membungkam Filipina dengan skor telak 4-0 pada pertandingan Kualifikasi Piala Asia, Selasa (14/6/2022).

Kekalahan Filipina tersebut, akan semakin memudahkan langkah timnas Indonesia untuk lolos ke putaran final Piala Asia. Jika sebelumnya perlu menang besar atas Nepal, kini hasil imbang saja sudah bisa lolos.

Pada laga di Stadion MFF Football Center, Palestina mampu unggul 2-0 saat babak pertama. Saleh Chihadeh membuka skor pada menit ke-31. Lalu, Tamer Seyam mencetak gol ke-2 bagi timnya hanya 3 menit sebelum turun minum.

Baca Juga:  OJK: 17 Fintech Pinjaman Memiliki Ekuitas Kurang dari Rp 2,5 Miliar

Memasuki babak kedua, skor jadi 3-0 setelah Mohammed Yameen mencetak gol pada menit ke-55. Tak berhenti di sana, Palestina menambah gol lagi saat pertandingan memasuki menit ke-72 lewat aksi Mahmoud Abu Warda. Skor 4-0 bertahan hingga pertandingan berakhir.

Kemenangan Mohammed Rashid cs. memastikan runner-up Grup B, entah itu Filipina ataupun Yaman, hanya akan meraup 4 poin. Inilah yang mempermudah langkah Indonesia yang berada di Grup A. Dengan berbekal 3 poin, Tim Garuda akan dipastikan lolos dengan kemenangan berapa pun atas Nepal.

Palestina Bawa 6 Tim Lain ke Piala Asia 2023

Baca Juga:  Resep Sektor Jasa Keuangan Supaya Moncer Menurut PDB RI 2022 5,31%

Bahkan, berkat kemenangan Palestina atas Filipina, timnas Indonesia bisa lolos ke Piala Asia 2023 andaikan hanya imbang dengan Nepal pada laga terakhir.

Pasalnya, anak-anak asuh Shin Tae-yong punya keunggulan selisih gol dibanding Yaman dan Filipina yang ada di Grup B. Itu dengan catatan Kuwait tak menang atas Yordania.

Saat ini, Indonesia memiliki selisih gol 0 (2-2). Jika imbang dengan Nepal, mereka akan mengoleksi 4 poin dengan selisih gol tetap 0. Sementara itu, Filipina kini punya 4 poin dengan selisih gol -3 (1-4).

Adapun Yaman yang belum memainkan laga ketiga punya selisih gol -5 (0-5). Untuk menyamai Indonesia, Yaman harus menang 5-0 atas Mongolia. Itu tentu tak mudah.

Baca Juga:  Cara Midway Rally di Sekitar Mahasiswa yang Menderita Leukemia

Di samping membuka pintu lebih lebar bagi Tim Garuda, timnas Palestina memastikan 6 tim lain lolos ke putaran final Piala Asia 2023.

Mereka adalah Uzbekistan dan Thailand di Grup C, Hong Kong dan India di Grup D, serta Tajikistan dan Kirgistan di Grup F. Mereka akan saling berhadapan pada laga pamungkas.

Mengapa demikian? Keenam tim itu sama-sama sudah mengoleksi 6 poin dari dua laga.

Artinya, hasil apa pun yang didapatkan pada laga pamungkas dan finis sebagai runner-up di grup masing-masing, poin mereka akan lebih banyak dari runner-up Grup B. Mereka setidaknya dipastikan lolos sebagai 5 runner-up terbaik.

close