Prestasi Luar Biasa Shin Tae-yong, Bawa Timnas Indonesia Naik 20 Tingkat Kurang dari 1 Tahun

Antarkan Timnas Indonesia Ke Piala Asia, Netizen: Trima Kasih Shin Tae-yong
Antarkan Timnas Indonesia Ke Piala Asia, Netizen: Trima Kasih Shin Tae-yong

Shin Tae-yong menorehkan prestasi luar biasa bersama timnas Indonesia. Hanya kurang dari setahun posisi timnas naik 20 peringkat di ranking FIFA

Celebrity’s. Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong menorehkan prestasi luar biasa bersama timnas Indonesia. Pelatih asal Korea selatan itu berhasil mendongkrak rangking timnas hingga 20 tingkat di peringkat FIFA hanya kurang dari satu tahun.

Mungkin hari ini, nama Shin tae yong menjadi nama yang paling banyak dibicarakan pecinta sepak bola Indonesia dari Sabang sampai Merauke.

Bagaimana tidak, pelatih asal korea itu sukses mengantarkan timnas lolos ke putaran Final Piala asia 2023 setelah penantian 15 tahun lamanya.

Skuad garuda lolos melului jalur 5 runner up terbaik dengan mengumpulkan 6 poin dari 2 kali kemenangan melawan Nepal dan Kuwait.

Baca Juga:  Resep Sektor Jasa Keuangan Supaya Moncer Menurut PDB RI 2022 5,31%

Awalnya, Shin Tae-yong ditunjuk PSSI pada tah8n 2019 untuk menggantikan pelatih sebelumnya yakni Simon Mcmenemy yang dianggap gagal menangani timnas Indonesia.

Namun, karena pandemi Covid-19, Shin Tae-yong baru benar-benar memimpin Timnas Indonesia senior di laga resmi pada Juni 2021. Singkat kata pada September 2021, Timnas Indonesia menempati peringkat 175 dunia.

Dari sinilah Shin Tae-yong mulai menunjukan tajinya bersama Timnas Indonesia senior. Saat itu, Shin Tae-yong membawa Timnas Indonesia lolos ke babak ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023 usai membantai Taiwan dengan agregat 5-1.

Kemenangan 2-1 dan 3-0 atas Taiwan langsung meroketkan posisi Timnas Indonesia di ranking FIFA. Tak tanggung-tanggung, Timnas Indonesia langsung naik 10 posisi, dari urutan 175 ke 165

Baca Juga:  Cara Midway Rally di Sekitar Mahasiswa yang Menderita Leukemia

Setelah kemenangan atas Taiwan, serangkaian hasil positif didapat skuad Garuda. Sebut saja menang lawan Myanmar di laga uji coba, serta mendapat hasil positif di Piala AFF 2020.

Diantaranya adalah pertandingan melawan Kamboja, Laos, Malaysia, Singapura, serta menahan tim kuat Vietnam. Hasil positif di Piala AFF 2020 ini membuat Timnas Indonesia menempati peringkat 161 dunia.

Kemudian, Timnas Indonesia naik ke peringkat 160 dunia setelah dua kali menang atas Timor Leste di FIFA Matchday Januari 2022. Kejadian unik tercipta di FIFA Matchday Maret 2022.

Meski tidak melakoni pertandingan, posisi Timnas Indonesia naik satu posisi. Penyebabnya karena sejumlah tim yang posisinya di atas Timnas Indonesia mengalami kekalahan sehingga mendapatkan pengurangan poin.

Baca Juga:  Masih Terlihat Menarik, Pendanaan Fintech Global Menurun 46,2 Persen

Terakhir, Timnas Indonesia naik empat posisi dari tangga 159 ke 155 karena hasil positif di babak ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023. Karena menang 2-1 atas Kuwait dan menumbangkan Nepal 7-0, Timnas Indonesia naik empat posisi!

Tak hanya naik empat posisi, Timnas Indonesia juga lolos ke Piala Asia 2023 setelah merebut status runner-up terbaik. Ini merupakan penampilan pertama Timnas Indonesia di Piala Asia setelah absen 16 tahun. Karena itu, prestasi Shin Tae-yong ini layak mendapatkan apresiasi.

close