Profil Thom Haye, Pemain Keturunan Solo Yang Diminta Gabung timnas Indonesia

Proofil Thom Haye, Pemain Keturunan Solo Yang Diminta Gabung timnas Indonesia
Proofil Thom Haye, Pemain Keturunan Solo Yang Diminta Gabung timnas Indonesia

Profil Thom Haye, pemain berdarah Indonesia di Liga Belanda diminta bergabung dengan timnas Indonesia

Celebrity’s – Beberapa hari belakangan, Nama Thom haye menjadi topik pembicaraan wraganet Indonesia, tak sedikit yang memintanya untuk gabung Timnas Indonesia.

Thom Haye, merupakan pemain berusia 27 tahun keturan Belanda-Indonesia yang saat ini bermain untuk klub SC Heerenveen Klub Liga Belanda.

Namanya ramai jadi perbincangan warganet Tanah Air. Bahkan, tak sedikit netizen memintanyaa untuk bergabung bersama timnas Indonesia yang akan bermain di Piala Asia 2023.

Netien yang kebanyakan warga Indonesia beramai-ramai memenuhi kolom komentar akun Instagramnya meminta untuk bergabung dengan timnas Indonesia.

Ajakan ini sendiri tak lepas dari kebutuhan Timnas Indonesia akan gelandang kreatif guna menyongsong Piala Asia 2023.

Dilannsir dari laman Tranfermarket, Thom Haye punya statistik yang cukup mentereng. Tercatat, Thom Haye mampu melesakkan 8 gol dan 16 assist selama musim 2021-2022 di segala ajang.

Catatan tersebut dibuatnya bersama dua klub, yakni NAC Breda di paruh pertama dan SC Heerenveen di paruh kedua musim 2021/2022.

Dengan catatan itu, netizen Tanah Air merasa Thom Haye akan menjadi tambahan kekuatan di lini tengah Timnas Indonesia.

terlebih, di Piala Asia 2023 nanti Timnas Indonesia akan diperkuat oleh tiga pemain keturunan lainnya, yakni Sandy Walsh, Jordi Amat, dan Shayne Pattynama.

Dengan tiga pemain itu dan kehadiran Thom Haye, netizen Tanah Air merasa Timnas Indonesia akan semakin kuat dan mampu bersaing dengan negara kuat di Asia lainnya.

Profil Thom Haye :

Thom Haye merupakan pesepak bola asal Belanda yang lahir pada 9 Februari 1995 silam di Amsterdam, atau ibu kota negara kincir angin tersebut.

Meski lahir di Belanda, Thom Haye ternyata punya garis keturunan Indonesia. Diketahui, kakek dan neneknya berasal dari Indonesia.

Sang kakek diketahui merupakan orang Solo, Jawa Tengah. Sedangkan sang nenek memiliki garis keturunan Sulawesi.

Lahir dan tumbuh di Amsterdam, Thom Haye memulai karier sepak bolanya di AZ Alkmaar klub Liga Belanda.

Pada usia 16 tahun, Thom Haye menandatangani kontrak profesional bersama AZ Alkmaar dan melakukan debut pada 2014 saat timnya melawan Ajax Amsterdam di kancah Eredivisie.

Kiprahnya bersama AZ Alkmaar pun terbilang mulus. Thom Haye mampu menjadi starter di musim 2015/2016 dan berhasil membawa timnya ke Liga Europa 2016/2017.

Pada musim panas 2016, Willem II mengontraknya usai kontrak Thom Haye habis bersama AZ Alkmaar. Ia bertahan di mantan klub Frenkie de Jong tersebut hingga 2018.

Setelahnya, Thom Haye melancong ke Italia dan bergabung Lecce. Namun, kiprahnya tak berlangsung lama, yakni hanya setahun saja.

Pada 2019, Lecce memutuskan melepasnya hingga Thom Haye tak memiliki klub. Beruntung baginya. Pasca dilepas, ADO Den Haag datang merekrutnya.

Setelah enam bulan di ADO Den Haag, Thom Haye kemudian dipinjamkan ke NAC Breda, sebelum dipermanenkan di Juli 2020.

Usai 1,5 tahun membela NAC Breda, Thom Haye kemudian dilepas ke SC Heerenveen pada Januari 2022 lalu.

Terhitung sejak musim 2011/2012 atau di level akademi, Thom Haye telah tampil sebanyak 311 laga di level klub dengan torehan 28 gol dan 39 assist.

Meski di level klub kiprahnya tak cukup apik, kiprah Thom Haye di level tim nasional malah mengundang decak kagum.

Sebab, Thom Haye bersumbangsih terhadap keberhasilan Belanda U-17 menjuarai Euro U-17 pada tahun 2011 dan 2012.

Selama membela Belanda U-17, Thom Haye bermain sebanyak 18 kali dengan sumbangan tiga gol, di mana salah satu golnya tercipta di semifinal Euro U-17.

Di Timnas Belanda U-17, Thom Haye bahu membahu bersama nama-nama mentereng seperti Nathan Ake, Anwar El Ghazi, dan Memphis Depay.

Uniknya, di Timnas Belanda U-17 ia juga bermain bersama Sandy Walsh, yang bisa menjadi rekannya kembali jika Thom Haye memilih membela Timnas Indonesia ke depannya.

close