Shin Tae-yong Optimis Skuad Garuda Mampu Lolos Putaran Final Piala Asia

Shin Tae-yong Optimis Skuad Garuda Mampu Lolos Putaran Final Piala Asia
Shin Tae-yong Optimis Skuad Garuda Mampu Lolos Putaran Final Piala Asia

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong optimis skuadnya mampu bersiang untuk memperebutkan satu tiket lolos ke putaran final Piala Asia 2023.

Timnas Indonesia akan menjalani Kualifikasi Piala Asia 2023. Skuad Garuda tergabung di grup A bersama tuan rumah Kuwait, Yordania dan Nepal.

Diatas kertas, Timnas Indonesia memang tidak diunggulkan untuk lolos. Namun demikian, pelatih asal Korea itu menebar optimisme pada para pemain dan masyarakat Indonesia.

Kepada media DW, Shin Tae-yong bercerita bagaimana masyarakat sepakbola Indonesia yang penuh ekspektasi kepad timnas dan dirinya.

Seperti diketahui, timnas Indonesia memang dirombak habis, dengan materi mayoritas adalah pemain muda, ditambah beberapa senior berpengalaman. Shin Tae-yong juga mendorong proyek naturalisasi pemain keturunan.

Baca Juga:  Cara Midway Rally di Sekitar Mahasiswa yang Menderita Leukemia

“Indonesia tidak pernah maju melampaui babak penyisihan grup di Piala Asia, “Jika kami berhasil kali ini, itu akan memiliki arti besar bagi negara dan masyarakat,” tutur Shin Tae-yong.

Media tersebut juga menyoroti bahwa Indonesia memang bukan tim unggulan di grup. Secara peringkat FIFA, Indonesia kalah dibanding para pesaing.

“Tidak akan mudah dengan Indonesia, peringkat 159 dunia, berada di grup yang sulit,” tulis DW

“Mereka diperkirakan akan finis di atas Nepal, tetapi Yordania, peringkat 91, dan Kuwait peringkat 146, akan memberikan lawan yang lebih keras terutama karena pertandingan akan berlangsung di Kuwait,”.

Baca Juga:  Pendapat OJK Tentang Rencana Masa Depan Pengelolaan Dana Pensiun BUMN

Shin Tae-yong pun tetap optimistis dengan peluang anak-anak asuhnya lolos ke Piala Asia meski di kualifikasi mereka dikelilingi tim tangguh.

“Kami tahu bahwa Yordania dan Kuwait dipandang sebagai dua tim terkuat di grup ini. Tetapi tim kami semakin stabil dan percaya diri dan saya yakin kami bisa lolos, dan lolos,” tegas Shin.

Di Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023, yang pertandingannya berlangsung pada 8-14 Juni 2022 di Kuwait, Indonesia bersaing dengan tuan rumah kualifikasi Kuwait, Yordania dan Nepal.

Baca Juga:  BMRI dan BBCA Cuan Besar Selama 2022, Siapa yang Mengumpulkan Dana Terbanyak dari Masyarakat

Kuwait merupakan juara Piala Asia pada tahun 1980, peringkat kedua pada tahun 1976, ketiga pada tahun 1984 dan semifinalis pada tahun 1996. Adapun Yordania merupakan perempat finalis Piala Asia tahun 2004.

Sebelumnya, Indonesia sempat akan diperkuat tiga pemain naturalisasi di Kualifikasi Piala Asia 2023 yaitu Jordi Amat, Sandy Walsh dan Shayne Pattynama, tetapi itu tidak terjadi karena proses kewarganegaraan mereka belum tuntas.

“Bola itu bundar. Kami akan bekerja maksimal untuk bersaing dengan

close